WeCreativez WhatsApp Support
If you like to talk about increasing sales & brand awareness, drop a line.
Hi, how can we help?

Sosial Media dan Masa Kini

Sosial Media dan Masa Kini

Dewasa ini, sosial media ibarat oksigen bagi para penggunanya. Tanpa mengenal waktu, sosial media seperti mengalir dalam arus globalisasi.

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, menurut penelitian yang dilakukan oleh We Are Social, rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 23 Menit  sehari untuk mengakses sosial media. Secara global, total pengguna internet menembus angka empat miliar pengguna. Untuk pengguna sosial medianya, naik 13 persen pengguna year-on-year mencapai 3, 196 miliar.

Maka tak heran jika di era ini, sosial media ikut andil dalam setiap kegiatan sehari-hari kita. Banyak perubahan yang terjadi seperti salah satunya, perubahan yang paling mencolok adalah kegiatan bertranskasi yang kini sudah mengarah ke online. Dengan begitu banyaknya pengguna sosial media setiap tahun membuat bisnis online menjadi begitu menjanjikan. Promosi yang dilakukan tidak lagi menggunakan media cetak, bahkan untuk beberapa produk yang memang sudah memiliki nama tak ketinggalan mempromosikan produk mereka di sosial media.

 

Kenapa harus sosial media?

 

Berdasarkan survey oleh APJII di tahun 2017, sebanyak 87,13% juta jiwa mengakses sosial media, 32,19% membeli barang melalui internet dan 8,12% menjual barang di internet.

Melalui hasil penelitian diatas, bisa kita simpulkan bahwa beriklan di sosial media sangat membuka peluang besar bagi pertumbuhan bisnis.

  • Promosi melalui media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan marketing yang unggul. Sedangkan dengan media sosial, semua orang bisa melakukannya, hanya perlu smartphone dan koneksi internet. Simple, bukan?
  • Melalui sosial media, begitu banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Komunikasi menjadi dua arah, lebih efektif dan respong juga cepat. Seperti halnya endorsement, giveaway, campaign juga.
  • Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman pesan bisa terukur jadi keamanan juga tak perlu diragukan lagi.
  • Iklan dan posts di sosial media adalah kunci untuk meningkatkan traffic ke website kita. Dengan membagikan konten blog ke sosial media akan menarik beberapa pembaca.

 

Fokus, Riset, Ukur

Ada tiga taktik utama yang penting dalam memulai bisnis di sosial media :

  • Menentukan target audience menggunakan tools analytics seperti Marketo dan Salesforce.
  • Kita perlu meneliti siapa target audience kita berdasarkan dari lokasi, kesukaan, gender dan informasi lain seperti hal apa yang mereka sukai di sosial media.
  • Mengenal target audience kita dengan menentukan sosial media yang tepat, menggunakan bahasa dan konten yang sesuai serta gunakan metode yang tepat untuk iklan bisnis anda.

 

Bertahan & Berkembang di Sosial Media

Dalam menggunakan sosial media sebagai bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Bahasa: perlu menyesuaikan gaya bahasa dan keberadaan kita. Tentu saja untuk melakukan hal itu, kita perlu mengenal target audience kita.
  • Konten: sebuah konten harus mewakili gaya kita, membangun interkasi dan konsisten. Sebuah konten dapat menghadirkan keberadaan kita dimata para audience.
  • Pemilihan Waktu: Dalam sehari hanya perlu memposting 1-2 konten, lakukan di jam yang berbeda.
  • Lakukan juga call to action. Cara ini biasanya digunakan agar audience untuk ikut berpatisipasi dalam setiap kegiatan seperti memposting foto atau cerita yang relevan sesuai dengan konten. Kita juga bisa menuntun mereka ke website saat sedang ada sale.

 

 

Kita juga bisa meningkatkan penjualan dengan melakukan endorsement . Dengan bekerja sama dengan influencers seperti bloggers, aktris atau siapapun yang memberikan pengaruh besar di sosial media. Dengan endorsement, produk/jasa kita memiliki kredibilitas dimata target audience.

Jadi, tunggu apa lagi? Anda ingin memulai bisnis di sosial media? Ragu dengan platform yang tepat? Ragu untuk memulainya? Hubungi kami, solusi tepat mengatasi ragu-mu.

 

“don’t use social media solely as a place to sell your product/yourself. Use it to tell your story, connect with your audience, and portray a feeling”

 

Free consultation

Recommended Reads

No Comments

Post A Comment

Follow our story

Instagram