WeCreativez WhatsApp Support
If you like to talk about increasing sales & brand awareness, drop a line.
Hi, how can we help?

Fungsi Dan Pentingnya SSL Pada Website

Fungsi Dan Pentingnya SSL Pada Website

SSL (Secure Socket Layer) adalah sebuah kode enkripsi dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi untuk mencegah pencurian data pada sebuah website. SSL dijaman sekrang ini sudah sangat dibutuhkan dan banyak digunakan. Seakan menjadi salah satu syarat dalam pembangunan sebuah website. Karena SSL selain mengamankan website kita dari pencurian data, kode nekripsi ini juga dapat menjadi salah satu indikasi bahwa website tersebut aman di kunjungi oleh user visitor.

 

Mengapa Perlu SSL ?

Cara kerja utama SSL adalah dengan meng – enkripsi data input dan output pada sebuah website. Sehingga nantinya semisal data penting kita pada website berhasil dicuri oleh seseorang, maka data tersebut tidak akan dapat terbaca karena telah terlebih dahulu ter – enkripsi oleh SSL ini. Maka ini menjadikan proteksi awal untuk kemanan pada sebuah website dan terlebih pada data penting kita yang terdapat pada website kita. Pada website yang sudah terpasang SSL nantinya url defaultnya akan berubah menjadi https:// dari sebelumnya http:// ini menandakan platform enkripsi tersebut sudah terpasang sempurna pada website & dan tentunya terdapat tanda gembok hijau bertuliskan “Aman” atau “Secure”.

 

 

Dilabeli Not Secured Oleh Chrome

Pada bulan Juli 2018 ini google secara resmi mengumunkan bahwa website tanpa SSL (Secure Socket Layer) yang tidak terpasang makan secara otomatis akan ter – blok oleh chrome browser (browser besutan google). Dan ada kemungkinan browser lain juga akan melakukan hal yang sama. Mengingat sangat pentingnya SSL ini maka google chrome sebagai salah satu brower ter sohor akan melakukan langkah demi mencegah terjadi nya pencurian data yang merugikan sisi website dan user. Google secara bertahap melakukan sosialisasi terkait hal ini, setidaknya sudah ada melaluli beberapa proses sebagi berikut ini.

  • 2018: Google announces to label all non-HTTPS webpages as “Not Secure”
  • 2017: Google launches “Not Secure” warning for non-HTTPS pages with text input fields
  • 2016: Google introduces Certificate Transparency
  • 2015: Google restricts specific Chrome features to HTTPS only
  • 2014: Google announces ranking benefits to HTTPS sites

 

Oleh karena itu bagi website, blog, dan lainnya yang belum mempunyai fitur SSL (Secure Socket Layer) ini segera anda mengaktifkannya. Karena dikhawatirkan jika website sudah ter – blok domainnya oleh google, maka akan sulit untuk membukanya kembali, mengingat ini tentang masalah security website anda yang juga nantinya akan menguntungkan anda sendiri, tidak ada salahnya anda perlu menggunakan fitur SSL ini.

Share For Goodness :)
No Comments

Post A Comment

Follow our story

Instagram