WeCreativez WhatsApp Support
If you like to talk about increasing sales & brand awareness, drop a line.
Hi, how can we help?

Cara Efektif Dalam Membuat Presentasi Yang Baik

Cara Efektif Dalam Membuat Presentasi Yang Baik

Presentasi dibutuhkan dalam setiap bidang usaha, terutama pada saat kita akan mempresentasikan produk unggulan, atau suatu pendapat, bisa dalam hal bisnis, pelajaran, diskusi dan lainnya. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah tahu bagaimana cara membuat presentasi, ya sudah banyak software, atau tools yang tersedia dalam membuat slide presntasi yang akan ditampilkan pada saat presetasi.

 

Namun, masih sedikit yang mengerti dan tahu bagaimana menyediakan konten yang baik dalam sebuah presentasi, bukan cuma dari tools atau aplikasi, namun dari inti konten dalam slide per slide presentasi kita yang akan kita tunjukan ke orang banyak nanti. Setiap isi konten sangat berpengaruh dalam dalam penyampaian konsep dan tujuan kita diterima nya dalam presentasi tersebut, nah bagaimana dan apa saja penyiapan materi konten presentasi dan membuat presentasi yang baik?, mari kita simak tulisan kami berikut ini.

 

1. Konten Materi

Bagiann awal atau pertama yang perlu dipikirkan disiapkan adalah konten. Ya, konten merupakan isi atau otak dalam materi presentasi kita yang akan disampaikan, konten yang baik adalah konten yang dapat mempengaruhi pikiran dalam arti ide, atau isi dan tujuan presentasi dapat tersampaikan dengan baik tanpa adanya protes, perdebatan yang terlalu tinggi dan penolakan. Jadi untuk konten sebisa mungkin harus bermuatan positif, mengajak dengan halus dan mudah dimengerti.

 

2. Sasaran Presentasi

Setalah tadi konten, kemudian adalah sasaran presentasi anda atau disebut audiensnya. Ya, ini harus memang dipikirkan baik – baik ya, gak mungkin kan kalau materi presentasi kita tentang sosial namun audiens kita ibu rumah tangga?, betul harus kita sesuaikan presesntasi, materinya kemudian audiensnya. Misal kita ingin mempresentasikan alat kedokteran, bukan dokter yang menjadi audiensnya, namun staff kedokteran terkait, atau staff rumah sakit, owner rumah sakit lah yang haru menjadi audiensnya.

 

3. Point Presentasi

Kemudian adalah point presentasi, atau inti final dari materi dan tujuan presentasi anda. Maksudnya jangan sampai point presentasi anda menjadi berantakan dan mengambang tidak jelas arah dan tujuannya apa. Jadi anda harus membuat tujuan presentasi yang efektif serta point materi yang mengena langsung ke audiens dan tentunya tidak mengambang, anda harus pintar mengolah kata dan materi menjadi satu.

 

4. Point Tambahan Jaringan

Terakhir dalam membuat presentasi yang baik, anda harus membuat dan menetapkan poin – poin pendukung yang baik untuk mengawal poin utama yang menjadi tujuan anda, disini anda bisa menentuka poin alternatif yang terdiri dari beberapa poin pilihan diluar poin tujuan utama presentasi anda, namun saling terkait. Jadi misal point presentasi utama anda adalah alat kedokteran, anda harus menentukan sub point, atau point alternatif seperti obat, alat non medis dirumah sakit, seperti cctv misalnya, tempat sampah, alat cuci tangan/spray, poster majalah kesehatan dan lainnya.

 

Oke, jadi itulah beberapa penjelasan dalam membuat presentasi yang baik dan efektif, anda harus memperhatikan konten, materinya terlebih dahulu, audiens presentasi, poin break, dan poin – poin pendukung nya, atau alternatif poin dalam tujuan presentasi.

 

Baca Juga : Fungsi Advertising Agency Online

Share For Goodness :)
No Comments

Post A Comment

Follow our story

Instagram

Secrets Digital Marketing Strategy

Gain insights into how we can help your business grow